Mujang Kurnia Jadi Narasumber PKKMB FK Untirta, Ajak Mahasiswa Berprestasi di Era Digital

Mujang Kurnia Untirta

Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan Orientation Day of Medical Faculty (ODAMEF) – PKKMB Fakultas Kedokteran Untirta tahun 2022 yang bertema “Menjadikan Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran UNTIRTA yang Aktif dan Kreatif Menuju Gen-Z Kritis yang Bermoral” di Gedung Auditorium Kampus A Untirta Pakupatan Gedung B Lantai 3 pada Kamis (18/08/2022).

Hadir sebagai pemateri motivasi, trainer dan inspirator muda yang juga Founder dan CEO Rumah Prestasi, Mujang Kurnia, memberikan materi tentang “Menjadi Generasi-Z Berprestasi yang Bermoral di Era Society 5.0” yang disambut penuh antusias oleh ratusan mahasiswa baru yang terdiri dari 5 prodi, yaitu S1 Kedokteran, S1 Gizi, S1 Ilmu Keolahragaan, S1 Keperawatan, dan D3 Keperawatan.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Mujang Kurnia menjelaskan berbagai tips sukses menjadi mahasiswa berprestasi dan juga bermoral mulia di era digital yang kian terus berkembang. Sebelum menjelaskan tips-tips sukses menjadi mahasiswa berprestasi, Mujang terlebih dahulu menceritakan pengalamannya selama kuliah yang tidak dibiayai oleh orang tuanya.

“Teman-teman adalah anak-anak muda yang beruntung, karena mendapat kesempatan untuk bisa kuliah di kampus besar serta mendapat dukungan dari orang tua. Saya, beberapa tahun lalu saat ingin kuliah, bahkan sejak SMK orang tua tidak mengizinkan karena faktor ekonomi, beruntung saya memaksakan diri dan nekat kuliah meski tanpa biaya dan dukungan dari orang tua,” Ujar Mujang

“Oleh karena itu, teman-teman harus bersyukur bisa kuliah di Untirta. Buktikan rasa syukur teman-teman dengan bertekad untuk menjadi mahasiswa hebat dan berprestasi serta melakukan berbagai kegiatan positif yang bisa mengembangkan diri menjadi lebih sukses di masa depan,” tambahnya.

Untuk menjadi mahasiswa hebat dan berprestasi di kampus, hal pertama yang harus dilakukan oleh mahasiswa menurut pria yang juga terpilih sebagai Pemuda Pelopor Nasional dari Kemenpora RI ini adalah dengan membenarkan terlebih dahulu niat kuliahnya.

“Hal pertama yang harus dilakukan oleh teman-teman untuk menjadi mahasiswa hebat dan berprestasi adalah membenarkan niat kuliahnya. Yaitu, kuliah adalah untuk menuntut ilmu, bukan untuk mencari kerja, apalagi sekedar bergaya. Kalau yang di cari adalah ilmu insya Allah pekerjaan akan mencari kita. Selain itu, kuliah juga untuk meningkatkan derajat kemuliaan diri dan keluarga, serta yang tidak kalah penting dengan kuliah kita bertekad untuk menjadi penyelamat bangsa!” Ujar Mujang penuh semangat.


Kemudian kata Mujang, langkah berikutnya adalah memiliki target yang tinggi dan jelas selama menjalani kuliah sebagaimana yang disampaikan oleh Bung Karno “bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang”.

“Berikutnya teman-teman harus memiliki target yang tinggi dan jelas selama kuliah agar senantiasa semangat untuk meningkatkan kapasitas diri, karena dengan memiliki target yang jelas kita akan lebih terarah menjalani kuliah!. Untuk itu, rencanakan dan tuliskan target tahun pertama apa, tahun kedua apa, sampai tahun-tahun berikutnya, buatlah target dan rodmapsnya dengan jelas!” Paparnya.

Pada sesi ini Mujang juga memberikan simulasi langsung kepada mahasiswa untuk membuat dan menuliskan target-targetnya selama kuliah.

Mujang Kurnia yang juga sebagai penulis buku Semua Bisa kuliah melanjutkan tips berikutnya yang harus dimiliki oleh mahasiswa berprestasi adalah membangun karakter sukses.

“Menurut berbagai penelitian, hanya sekitar 20% kesuksesan itu ditentukan oleh kemampuan intelektual, 80%-nya ditentukan oleh kemampuan emosional atau akhlak yang baik. Untuk itu, bangun karakter suskes selama kuliah dengan memiliki moral yang baik, sebagaimana kita pernah mendengar kalimat, Adab dahulu sebelum Ilmu!” ujar Mujang

Tips berikutnya yang disampaikan Mujang Kurnia diantaranya adalah agar menjadi mahasiswa terbaik versi diri sendiri di tengah gempuran informasi yang pesat dari berbagai sumber.

“Ditengah gempuran teknologi digital yang kian terus berkembang ini, banyak trend dan informasi yang datang kepada kita, jangan hanya jadi follower, jadilah mahasiswa terbaik versi diri sendiri sebagai trendsetter kebaikan dengan memanfaatkan teknologi untuk menebarkan inspirasi.” Ujarnya.

Terakhir Mujang berpesan kepada para mahasiswa baru dan juga para panitia, sebagai mahasiswa agar senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena ilmu dan kehebatan diri kita tidak akan pernah didapat tanpa izin Allah SWT.

“Semua yang terjadi di dunia atas izin-NyaOleh Karena itu, selalu pantaskan diri untuk senantiasa mendapat pertolongan dari Allah SWT.” Tutup Mujang Kurnia. 


0 Komentar