Profil Mujang Kurnia Presiden Direktur Rumah Prestasi


Mujang Kurnia adalah trainer dan inspirator muda berprestasi yang memiliki pengalaman memberikan inspirasi dan motivasi kepada ribuan pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Ia lahir di Kabupaten Lebak, pada 08 Februari 1992 dari pasangan Bapak Karmin dan Ibu Arkati. 

Terlahir dari keluarga sederhana dengan keterbatasan ekonomi, setelah lulus sekolah dasar Mujang sempat tidak diizinkan untuk sekolah oleh orangtuanya. Namun karena semangat dan kegigihannya untuk menuntut ilmu, ia tetap mendaftarkan diri ke sekolah tanpa diketahui oleh orangtuanya. Demikian juga ketika ia hendak kuliah, tidak diizinkan oleh orangtua karena faktor biaya, bermodalkan nekad dan semangat Mujang tetap mendaftar kuliah tanpa biaya dari orangtua.

Meski hidup penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, sejak sekolah ia memiliki prestasi yang gemilang dengan selalu menjadi pelajar terbaik setiap tahunnya. Ia juga pernah memperoleh penghargaan dari KNPI Kabupaten Pandeglang atas perestasinya sebagai peraih nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) tahun 2011 di SMK Negeri 5 Pandeglang. Di bangku sekolah, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua OSIS dan aktif diberbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Mujang Kurnia menyelesaikan sekolah dasarnya di SDN Katapang 02, MTsN Cikeusik, dan SMKN 5 Pandeglang, serta kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri SMH Banten dan pernah memperoleh penghargaan sebagai Creativepreneur Student karena telah memiliki usaha sebelum lulus kuliah. Ia juga pernah meraih Beasiswa Prestasi dari Bank Mandiri dan Beasiswa Nasional dari MES Foundation pada tahun 2014. 

Selama kuliah ia aktif diberbagai kegiatan dan organisasi, pernah menjabat sebagai Ketua Umum Komunitas Ekonomi Syariah, Ketua Umum BEM Fakultas, Ketua Umum Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSSEI) Wilayah Banten, dan pengurus pada berbagai organisasi lainnya. Setelah lulus kuliah, pada tahun 2018 ia didaulat untuk  menjadi Ketua Umum pertama Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. 

Sebagai seorang yang terlahir dari kampung dengan keterbatasan biaya dan akses terhadap pendidikan, hal tersebut menjadi motivasi bagi Mujang Kurnia untuk mendirikan Rumah Prestasi sebagai wadah pembinaan dan memfasilitasi generasi muda untuk menjadi pribadi yang unggul dan berkontribusi kepada bangsa. Bersama Rumah Prestasi Mujang Kurnia juga sering terjun ke berbagai daerah dan pelosok desa khususnya di Banten untuk membangkitkan semangat berpendidikan dan berprestasi untuk negeri. 

Kini Rumah Prestasi telah menjadi pusat pembinaan bagi generasi muda di Provinsi Banten untuk menjadi pribadi yang penuh karya dan prestasi serta menginspirasi negeri. Banyak para pemuda yang telah mengikuti kegiatannya kemudian menjadi inspirator dan penggerak perubahan bagi lingkungan dan masyarakat. 

Berkat yang dilakukannya bersama Rumah Prestasi, pada tahun 2021 bertepatan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Mujang Kurnia terpilih mendapat penghargaan sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional oleh Kemeterian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia setelah sebelumnya terpilih sebagai Pemuda Pelopor nomor satu Provinsi Banten. Ia juga dipercaya oleh para pemuda di Banten untuk menjadi Ketua Umum pertama Forum Pemuda Pelopor Provinsi Banten pada tahun 2022. 

Saat ini, selain menjadi Presiden Direktur / CEO di Rumah Prestasi, Mujang juga memiliki beberapa usaha yang dijalaninya sejak kuliah, di antaranya Media Karya Publishing, Lembaga Pelatihan dan Edukasi, Jasa Digital Marekting, dan lain sebagainya.

Buku karyanya yang berjudul Semua Bisa Kuliah telah menginspirasi ribuan pelajar dan mahasiswa di Indonesia dan telah di seminarkan di berbagai daerah. (Sumber : Kabarprestasi.Com diupdate pada 1 Januari 2023)

0 Komentar